occupe a etudier

Udah setengah tahun lebih aku ga nulis, bukan karena males tapi justru karena hampir setahun ini hectic parah belajar buat masuk perguruan tinggi terutama SBMPTN. Belajar mandiri, les, latihan soal, tryout, repeat. Udah gitu aja hidupku but i enjoyed !! seru sumpah ternyata.

Aku mau cerita nih, dari belajar buat  UTBK SBMPTN bikin aku sadar pentingnya bersabar dengan yang namanya proses. 

Sifatku yang gampang bosen, perfeksionis dan ambisius terhadap targetku sendiri, sering bikin aku frustasi karena proses belajarku ternyata jauh lebih lambat dari ekspektasiku. Dari sekian banyaakk materi yang akan diujikan di UTBK SBMPTN, awalnya aku targetin satu hari cukup buat belajar satu bab. Pokoknya aku mau pelajari semua materi, semuanya. Ketika aku sadar udah lewat sehari tapi aku belum paham, ya sudah aku ga mau ngulang lagi. Paling cuma ngeringkes sedikit terus lanjut ke bab selanjutnya padahal bab sebelumnya belum paham apa-apa (demi mencapai targetku sendiri). Dan metode belajar yang enggak bener ini berjalan sekitar 2 bulan. Nah ketika tiba waktunya latihan soal, aku ga bisa ngerjain apa-apa, sampai aku ngerasa semua waktu yang udah aku alokasikan buat "belajar" itu ga ada gunanya. Aku sempet down dan hopeless banget buat nyelesaiin semua materi buat UTBK. Ini terjadi sekitar bulan Oktober atau November 2020 4 bulan menjelang UTBK. Akhirnya aku berhenti belajar sebentar buat lihat lagi ke diriku sendiri, apa yang salah dari targetku?

 Ternyata selama ini targetku terlalu idealis dan kurang realistis, masa iya satu bab selesai dalam sehari? belum ngeringkes dan latihan soalnya. Apa yang masuk ke otak kalau waktunya cuma segitu? Lama-lama aku mulai menerima kalau  belajarku emang ga sebanter itu dan nyoba bikin planning baru, yaitu: pahami betul-betul materi yang diprioritaskan saja, materi yang lain dipelajari kalau nanti masih ada waktu. Mungkin ini adalah awal aku sadar bahwa mindset "harus bisa semua dan memperbaiki yang tidak bisa daripada menonjolkan kekuatan yang sudah kita punya" itu salah. Bayangkan kalau dulu para ahli fisika lebih sibuk memperbaiki nilai pelajaran bahasa mereka ketimbang melakukan percobaan pasti waktu mereka habis untuk hasil yang tidak seberapa dibandingkan jika mereka fokus mengembangkan kemampuan yang mereka miliki saat itu. Balik lagi ke ceritaku, itu sekitar Desember waktu aku memutuskan buat full belajar materi kimia yang menurutku paling gampang untuk dikuasai. Setelah itu mulai dikit-dikit sabar nontonin video materi yang berjam-jam, ngerjain puluhan soal, ngulang materi walaupun udah bosen banget.  Emang butuh waktu sebanyak itu sampai akhirnya aku bisa ngerjain hampir semua tipe soal UTBK tanpa liat pembahasan dulu. Seneng banget rasanya!

Tapi, enggak sampai situ aja, masih ada bahan frustasi yang lain.  Di bulan itu juga aku mulai berlangganan tryout karena lagi ada flash sale dan dapat potongan. Berlanggananlah aku di Pah*mify. Asli susah banget tryoutnya. Awalnya nilaiku naik dari 300an ke 300 sekian sampai 400an aku udah optimis nanti kalau udah sering tryout nilainya bakal naik terus sampai 600 lah (ngarep betul). Tapi sayang banget di tryout yang ke 5 sampai terakhir kali aku tryout nilaiku stuck di 500an. Mungkin ada sekitar 7 atau 8 kali tryout nilaiku ga pernah naik. Nyesek banget gak sih? Disitu lagi-lagi aku harus membuang sifat perfeksionisku, padahal rasanya aku mau berhenti belajar aja, toh ga ada gunanya aku belajar nilaiku ga pernah naik. Tapi sekali lagi cuma sabar yang bisa menolong aku menghadapi diriku sendiri buat enggak berhenti belajar sampai datang waktunya UTBK.

Bulan-bulan berat kemarin menurutku adalah pengalaman yang berharga banget. Ini udah April dan aku hampir ga percaya akhirnya aku udah ikut UTBK, entah gimana nanti hasilnya aku serahkan pada Allah, aku yakin bagaimanapun hasilnya itu adalah yang terbaik dan aku bangga sudah memperjuangkan apa yang layak aku perjuangkan.

Pesanku buat yang mau ikut UTBK atau tes lainnya, kalau kamu jenius, silakan langsung ikut tes tanpa belajar, tapi kalau kepintaranmu biasa saja kaya aku, tolong banget percaya, ga ada yang namanya bisa sesuatu dengan instan,  kalau mau bisa ya usaha sama do'a. Udah ga ada tips lain selain ambil buku sekarang dan langsung belajar. Kalau bisa, di bulan-bulan menjelang tes yang butuh belajar banyak kaya UTBK SBMPTN usahakan buat ngeluangin sebagian besar waktumu buat tiga hal aja yaitu: belajar, ibadah dan istirahat. Jujur rencananya aku juga mau kaya gitu cuma sering tergoda sama tiktok dan series yang makan waktu banyak. Jangan ditiru ya, semua kegiatan ada waktunya masing-masing kalau sekarang waktunya belajar yaudah belajar aja kalau mau refreshing boleh asal jangan lama-lama, ok?

Haha udah sih itu aja ceritanya semoga ada pelajaran yang bisa diambil. See you lov.

Share:

0 komentar