Our Time isn't Worthwhile



 

Menurut kalian kenapa Indonesia ga maju-maju? Padahal merdekanya cuma beda 2 hari sama Korea Selatan, dan sekarang Korea Selatan udah jauh lebih maju dari negara kita tertjintah ini. Apa penyebabnya? Korupsi? Pembangunan tidak merata? Penegakan hukum yang lemah? bener semua. Tapi tau apa hal yang berkontribusi paling besar? Jawabannya adalah warga negara kita yang gak pinter. Dih apaan banget ngomongin otak orang, itukan udah pemberian dari sononya. Tenang, maksudku, bukan pinter di bidang akademis, tapi ini adalah riset mengenai info, berita dan segala macam hal yang kita konsumsi sehari-hari. Tau apa favoritnya orang Indonesia?

 Pertama, gosip. Pokoknya segala macam hal, bahkan yang gak penting pun dibicarain. Anaknya artis A udah bisa tengkurep, terus sekarang anaknya udah bisa jalan, trus udah bisa berak sendiri. Apaan gak penting banget. Jujur aku kaget liat subscriber dan viewer para artis itu bisa jutaan, dengan konten yang.. tau sendiri lah. Kalau kalian mau tau seberapa edukatif dan bermutunya konsumsi netizen Indonesia, coba kalian liat youtuber dengan subs terbanyak, terus kalian liat konten apa yang mereka bikin. Rata-rata nih ya, isinya gitu-gitu doang “PRANK BLA BLA BLA” “BIKIN PACAR NGAMBEK” “SI INI MAU PELIHARA HARIMAU”.eh maap. ya gitu lah. 

Tolong, ga semua masalah orang lain itu urusan kita. walau sampe kalian tau berapa kali mereka kentut dalam sehari pun ga bakal bikin kalian pinter, ga bakal ngasi income apa-apa ke kalian. Yang ada waktu dan paketan kalian habis buat memperkaya orang-orang itu. Selamat:) Nah terus kenapa para youtuber ga bikin konten yang edukatif aja? Tentu saja karena kebanyakan orang Indonesia gamau tuh mikir yang berat-berat, maunya nonton hal-hal receh semacam itu, makanya mereka memanfaatkan kesempatan (a.k.a kebodohan netizen) tersebut buat meraup keuntungan.


  • Kedua, masih gosip. Emang gosip doang yang disukaaa wkwk. Tapi yang ini berkaitan dengan jempol nakal netizen. Mereka ini, hobi banget menyalurkan energi dan waktunya buat melakukan jugdement yang ga penting. Ada berita apa aja langsung samber, hakimi. Pokoknya gamau kalah dan ketinggalan info terkini deh. Si ini, bikin video clip lagu apa deh, udah jelas si netizen ga suka bukannya gak usah ditonton, malah ditonton, dikomen, disebar-sebarin, ditonton buat yang kedua kalinya gara-gara belum puas ngehujat. Tanpa sadar lagi-lagi kita udah bikin doi tambah kaya. Selamat:)

Nah, itulah realitanya. Adanya yang kita tonton dan konsumsi sehari-hari cuma HIBURAN. Apa salahnya nyari hiburan? Ga salah dong, tapi sadar gak sih, sebagian besar waktu kita cuma kita alokasikan buat hal-hal semacam itu? Worth it?

Hey,masih banyak hal baik diluar sana yang bisa kita lakuin, atau at least masih banyak lah hal yang bisa kita akses di internet selain nonton kehebohan artis atau nge judge orang yang ga salah sama kita. Make your time worthwhile. Jelas nambah ilmu dari internet ga senyaman nonton orang vlogging. Tapi coba tanamkan pada diri kita, kita gak boleh bikin otak kita manja dan nyaman-nyaman aja setiap harinya. Apa kita mau badan kita bertumbuh, umur kita menua tapi otak kita se level gosip dan drama haha hihi sampai mati?

Coba tanyakan pada diri kita, dalam 24 jam sehari what you gain? A knowledge? A new skill? Or a hot gossip?



Share:

2 komentar